Kamis, 31 Oktober 2013

NETBEANS DAN ECLIPSE

Netbeans. Bahasa pemrograman Java lahir pertama kali dari The Green Project (James Gosling dkk dari sun microsystems) pada tahun 1991Teknologi “*7”(Star Seven). Mula-mula James Gosling menyebut bahasa pemrograman yang dihasilkannya dengan OAK Sun mengubahnya menjadi Java.
Sun merilis versi awal java secara resmi pada awal 1996 yg kemudian terus berkembang hingga muncul JDK 1.1 kmd JDK 1.2 shg mulai versi ini java disebut java 2. Pada tahun 1998-1999 lahirlah teknologi J2EE(Java 2 Enterprise Edition). Terakhir Teknologi Java melahirkan J2ME(Java 2 Micro Edition) yang sudah diadopsi oleh Nokia, Siemens, SonyEricsson, Motorola untuk menghasilkan aplikasi mobile baik games maupun software lainnya yang dpat dijalankan diperalatan mobile seperti handphone.

Kelebihan java:

- Multiplatform, dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer
- OOP (Object Oriented Programming) semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek
- Perpustakaan Kelas yang lengkap
- Java terkenal dengan kelengkapan library/ perpustakaan (kumpulan program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya.
- Bergaya C++ memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman [C++] sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java.

J2SDK adalah seperangkat tool (kit) yang berisi kompiler dan interpreter java yang direlease oleh sun dan bersifat free.
 
Beberapa editor yang bisa digunakan untuk pemrograman java adalah:

- Notepad, editor standard yang disediakan oleh windows. Tidak dilengkapi dengan utilitas jumlah baris (berpengaruh pada pelacakan baris program yang menyebabkan error kompilasi)
- Netbean, salah satu editor yang dilengkapi dengan pelacakan baris program yang menyebabkan error kompilasi
- Editor-editor lain: Eclipse, Gel, JBuilder, Jcreator dll

Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform-independent). Berikut ini adalah sifat dari Eclipse:

- Multi-platform: Target sistem operasi Eclipse adalah Microsoft Windows, Linux, Solaris, AIX, HP-UX dan Mac OS X.
- Mulit-language: Eclipse dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java, akan tetapi Eclipse mendukung pengembangan aplikasi berbasis bahasa pemrograman lainnya, seperti C/C++, Cobol, Python, Perl, PHP, dan lain sebagainya.
- Multi-role: Selain sebagai IDE untuk pengembangan aplikasi, Eclipse pun bisa digunakan untuk aktivitas dalam siklus pengembangan perangkat lunak, seperti dokumentasi, test perangkat lunak, pengembangan web, dan lain sebagainya.

Eclipse pada saat ini merupakan salah satu IDE favorit dikarenakan gratis dan open source, yang berarti setiap orang boleh melihat kode pemrograman perangkat lunak ini. Selain itu, kelebihan dari Eclipse yang membuatnya populer adalah kemampuannya untuk dapat dikembangkan oleh pengguna dengan komponen yang dinamakan plug-in.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar